Ringkas cerita, teman-teman guru Bahasa Inggris SMP Negeri & Swasta se Kota Probolinggo dapat ilmu baru "Mind Mapping" sebenarnya sih metode ini sudah lama di kenalkan oleh Toni Buzan sekitar tahun 1974 dan dipopulerkan di Indonesia beberapa tahun terakhir ini.
Sudah tugas dan kewajiban kita sebagai seorang pendidik untuk selalu "upgrade" keilmuan demi mencetak peserta didik yang lebih berkualitas jadi tidak ada salahnya kita mencoba metode-metode baru dan variatif dalam mengajar.
Maka dari itu workshop tentang "Mind Mapping" ini diselenggarakan dengan tujuan supaya kita bisa menerapkan metode yang terbaik sesuai dengan mata pelajaran yang kita ampu.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang "Mind Mapping" bisa dilihat di :
Sedangkan untuk hasil workshop berupa produk (Silabus, RPP dan Materi/Bahan Ajar) bisa di unduh ditautan di bawah ini :
Semoga bermanfaat bagi kita semua!
Rabu, 30 Mei 2012
Minggu, 27 Mei 2012
Kriteria Butir Soal (Part. 2) Contoh Soal C1 s/d C6
Contoh soal Hafalan/Ingatan (Recall) C1
Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari oleh siswa.
contoh soal:
Dalam sejarah kesusastraan Indonesia, penyair yang banyak menulis puisi kontemporer adalah ….
A. W.S. Rendra B. Ramadhan K.H
C. Sutarji Calzoum Bachri D. Putu Wijaya
Kriteria Butir Soal (Part. 1)
Sebagai seorang guru sudah seharusnya melakukan persiapan dalam rancangan pembelajarannya, proses hasil belajar secara bermutu akan dilihat sejauh mana sorang guru dalam meramu pembelajarannya semakin baik termasuk pembuatan butir-butir soal.
Dalam melaksanakan proses penilaian, tes merupakan alat ukur yang paling sering digunakan guru untuk mengukur hasil belajar siswa. Dari hasil tes, guru dapat mengetahui sejauh mana tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Oleh karena itu, agar tes dapat mengukur hasil dengan tepat, maka tes harus dikembangkan dengan benar.
1. Bagaimana Membuat Perencanaan Tes yang Baik
Tes baru akan berarti bila terdiri dari butir-butir soal yang menguji tujuan yang penting dan mewakili seluruh bahan yang diujikan secara representatif. Pemilihan butir-butir soal dilakukan atas dasar pertimbangan pentingnya konsep, dalil atau teori yang diuji dalam hubungannya dengan peranannya terhadap bidang studi secara keseluruhan.
Untuk memudahkan guru dalam menyusun tes, maka perlu dibuat kisi-kisi soal yang akan menjadi acuan bagi guru dalam menulis butir soal. Kisi-kisi ini memuat beberapa informasi, antara lain cakupan materi yang akan diuji, kompetensi yang akan diuji, tingkat kesukaran soal, dan jumlah butir soal yang dibutuhkan
Panduan Deskripsi Penilaian
Apa yang perlu dipertimbangkan?
Fokus dengan apa yang ingin kita
nilai.
Memperhatikan setiap perkembangan yang
diperlihatkan oleh siswa kita.
Menggunakan semua data penilaian yang
kita miliki. Bukan berdasarkan spekulasi.
Buatlah komentar yang khusus untuk
setiap anak, relevan, spesifik dan akurat.
Apa saja yang sebaiknya ada dalam komentar
yang kita buat untuk siswa kita?
pencapaian hasil belajar siswa, apa
yang telah diselesaikan atau apa yang telah dapat dilakukan oleh siswa kita area
dimana siswa masih membutuhkan banyak bantuan atau perbaikan
bagaimana siswa dapat belajar lebih
banyak atau meningkatkan hasil belajar di masa yang akan datang.
Langganan:
Postingan (Atom)