Apa yang perlu dipertimbangkan?
Fokus dengan apa yang ingin kita
nilai.
Memperhatikan setiap perkembangan yang
diperlihatkan oleh siswa kita.
Menggunakan semua data penilaian yang
kita miliki. Bukan berdasarkan spekulasi.
Buatlah komentar yang khusus untuk
setiap anak, relevan, spesifik dan akurat.
Apa saja yang sebaiknya ada dalam komentar
yang kita buat untuk siswa kita?
pencapaian hasil belajar siswa, apa
yang telah diselesaikan atau apa yang telah dapat dilakukan oleh siswa kita area
dimana siswa masih membutuhkan banyak bantuan atau perbaikan
bagaimana siswa dapat belajar lebih
banyak atau meningkatkan hasil belajar di masa yang akan datang.
Apa yang sebaiknya dipersiapkan?
Sikap positif, jangan memberikan
komentar berdasarkan judgment yang melekat pada anak tersebut
sebelumnya. Setiap anak dapat berubah. Bersikap terbuka pada setiap
perubahan yang terjadi pada anak.
data penilaian yang kita miliki
catatan khusus mengenai siswa kita
(anecdotal notes)
diskusikan dengan rekan kerja kita
agar penilaian menjadi lebih objektif
Beberapa tips membuat komentar
untuk memudahkan buatlah pola yang
sama untuk setiap anak.
Misalnya : buat komentar menjadi 3
bagian:
Bagian 1 : menjelaskan mengenai apa yang telah dicapai oleh siswa.
Bagian 2 : menjelaskan mengenai area dimana siswa masih membutuhkan
bantuan atau bagaimana siswa dapat belajar dengan lebih baik.
Bagian 3 : menjelaskan target yang kita ingin siswa capai pada semester
berikutnya dan bagaimana cara pencapaiannya.
gunakan “describing words” yang jelas dan
mudah dimengerti. Hindari jargon. KIS – “Keep it simple!!”
Contoh :
Si Anu masih perlu meningkatkan
kemampuan motorik halusnya dalam pelajaran bahasa Indonesia.
Kemampuan Si Anu dalam memegang alat
tulis pada saat menulis masih perlu ditingkatkan.
Sebaiknya jangan mengulangi apa yang
telah dijelaskan pada bagian report criteria untuk menghindari pengulangan
laporan.
Sekadar contoh……
Harry menunjukkan perkembangan
menggembirakan selama term 3 ini. Ia mulai terlihat percaya diri dalam
mengemukakan pendapat pada saat diskusi kelas. Dalam hal menulis, Harry
perlu diingatkan untuk bekerja dengan lebih teliti agar tidak ada lagi
huruf-huruf yang tertinggal atau kata-kata yang tidak lengkap dalam tulisannya.
Pada term yang akan datang, kami akan terus membimbing Harry agar rasa percaya
dirinya dapat lebih konsisten serta menulis dengan lebih teliti.
Nadya dapat menunjukkan sikap positif
dan percaya diri terhadap pelajaran matematika selama semester satu ini. Ia
adalah siswa yang mandiri dalam menyelesaikan tugas dan dapat menikmati
berbagai bentuk kegiatan matematika yang berbeda. Kemampuan Nadya dalam
menghitung cepat penjumlahan dengan hasil sampai 20 sudah baik sehingga
membantunya menyelesaikan beberapa tugas dengan cepat. Untuk semester
berikutnya Nadya diharapkan dapat lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam
bekerja agar hasil belajarnya dapat lebih maksimal
Endang dapat
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk bahan penulisannya melalui
internet, buku dan wawancara dengan narasumber. Ia bekerja secara mandiri,
antusias, dan penuh percaya diri dalam melakukan riset dan mengeksplorasi peran
serta gagasan untuk bahan penulisannya. Ia juga sudah mulai memperlihatkan
peningkatan dalam mengkomunikasikan hasil risetnya dengan efektif. Penyusunan
kalimat dalam laporannya sudah lebih tersusun dengan struktur bahasa yang baik
dan benar.
Ali selalu antusias dan merasa
tertantang saat mengerjakan soal-soal yang diberikan. Ia menikmati pelajaran
yang sedang berlangsung dan dapat menjawab soal-soal cerita dengan menggunakan
prosedur menjawab yang benar secara teratur dan sistematis, namun ia perlu
bersikap lebih teliti dalam membaca dan memahami isi soal cerita. Kemampuan
membaca isi soal cerita sangatlah penting, Ali dapat meningkatkan kedua kemampuan
tersebut dengan membaca soal secara perlahan-lahan dan coba memahami maksud
kalimat dalam soal satu persatu agar dapat melihat keterkaitannya satu sama
lain.
0 komentar:
Posting Komentar